Hidup Dalam Perlombaan Iman

Ibrani 12:1-4; Filipi 3:13-14

Penulis surat Ibrani memberikan kesimpulan tujuan hidup orang Kristen adalah masuk dalam perlombaan iman. Ini adalah perlombaan yang diwajibkan Tuhan Yesus bagi setiap orang yang percaya kepada- Nya. Paulus dalam kitab Filipi 3:13-14 juga berbicara mengenai lomba lari marathon dalam olimpiade kuno untuk mendapatkan hadiah utama dari Kristus Yesus.

Penulis Ibrani Memberikan prinsip penting untuk kita bisa menjadi pemenang dan mencapai garis akhir dengan baik. Prinsip Seorang Pemenang :

  1. Marilah Kita Berpikir Untuk Menjadi Pemenang Seperti Tokoh Iman Dalam Alkitab.

Kita suka kisah-kisah tokoh inspiratif dalam dunia ini, tetapi mengapa kita tidak mempelajari setiap tokoh-tokoh dalam Ibrani 11 dan kemudian menjadikan ispirasi hidup kita, karena mereka adalah pemenang sejati. Tokoh-tokoh itu selalu hadir dan bersama dalam kehidupan kita. Marilah kita memikirkan setiap perjuangan hidup kita bersama para tokoh berpikir pada titik masalah terjadi. Apa yang akan dilakukan para tokoh iman itu berkenaan dengan permasalahan, pergumulan yang sedang kita hadapi saat ini. Melalui pemahaman ini kita disadartkan bahwa tokoh-tokoh iman pun mengalami situasi pergumulan dan kesulitan yang sama dengan kita dan bagaimana mereka boleh berhasil mengatasi semua kesulitan itu dengan penuh kesetiaan dan bersandar kepada Tuhan.

  1. Marilah Kita Menanggalkan Semua Beban Kehidupan Dan Dosa Di Bawah Salib Kristus.

Menanggalkan semua beban kehidupan : Trauma masa lalu, kebencian, kemarahan, kepahitan, ketakutan, kekuatiran dan banyak lagi. Mari tanggalkan di bawah salib Kristus. Menanggalkan dosa kita : Karakter yang buruk, kebiasaan yang buruk, kegagalan-kegagalan kita, semua kita serahkan di bawah salib Kristus. Semua itu akan menghambat kita dalam perlombaan lari iman kita. Banyak orang kristen tidak pernah berhasil bertumbuh maksimal dalam hidupnya karena terlalu banyak beban kehidupan dan beban dosa yang menjadi hambatan hidupnya.

  1. Marilah Mata Kita Selalu Tertuju Kepada Kristus.

Kristus Yesus adalah teladan utama iman kita. Kristus memimpin kita dari iman kepada iman, dari kemenangan kepada kemenangan. Kita hidup bukan untuk masuk dalam kekalahan demi kekalahan, tapi memproklamasikan injil Kristus dengan memiliki kehidupan yang berkemenangan dan kehidupan yang diubahkan Tuhan. Kita harus belajar rela memilih hidup yang memikul salib dan bukan senang dalam hidup kedagingan kita.

Hidup orang percaya adalah hidu[ dalam perlombaan yang Penuh Perjuangan. Orang kristen bukanlah pelancong yang santai-santai hidup dalam dunia ini dan acuh tak acuh dalam sepanjang hidupnya, hanya memikirkan urusan dirinya sendiri. Tujuan akhir hidup iman kita adalah di dalam kekekalan bersama Bapa di Surga, dan selama di dunia ini kita masuk dalam perlombaan hidup yang diwajibkan oleh Tuhan. Dan dalam perlombaan hidup itu Tuhan Yesus selalu hadir mendampingi diri kita. Perlombaan hidup kita yang berat selalu disertai oleh Tuhan Yesus.