Neh. 6:1-19

 

Tujuan Pengjaran

  1. Setiap anggota komsel dapat mengerti strategi Nehemia dalam mengatasi problem pribadi saat ancaman itu datang bertubi-tubi.
  2. Jemaat berkomitmen untuk meneladani strategi Nehemia di dalam mengatasi problem pribadi saat ancaman dating dalam hidupnya.

 

Pendahuluan

Sun Tzu adalah seorang ahli strategi militer klasik Tiongkok yang hidup lebih dari 2300 tahunyang lalu. Ia seorang militer dan pahlawan Cina yang jenius pada masa penrgolakan negara-negara bagian (475-214 SM). Ia punya prinsip dengan mengetahui dirimu sendiri dan musuhmu akan mampu memasuki peperangan tanpa ancaman bahaya. Benarkah prinsip ini jika dibandingkan dengan strategi Nehemia menghadapi musuh-musuhnya?

 

Point-point Pendalaman

  1. Bagaimanakah strategi Sanbalat dan kawan-kawan dalam mengintimidasi Nehemia? (ayat Neh 6:2, 4-7, 10, 13) Apa motivasinya? (ayat Neh 6:9, 13)
  2. Telitilah langkah-langkah praktis Nehemia dalam menghadapi ancaman terhadap dirinya? Apa keyakinan Nehemia dalam mengatasi ancaman tersebut? (ayat Neh 6:3, 8-9, 11-15)
  3. Bagaimana hasil kerja Nehemia sekalipun menghadapi ancaman pribadi? Dan bagaimana dampaknya? (ayat Neh 6:1, 15-16)

 

Perenungan

  1. Mengapa Nehemia bisa menyelesaikan visi Allah (pembangunan tembok Yerusalem) meskipun banyak tantangan?
  2. Apa arti bagi Nehemia pembangunan tembok Yerusalem telah selesai?
  3. Sharingkan sikap saudara dalam menghadapi ancaman pribadi yang dapat menggagalkan pelayanan bagi Tuhan!
  4. Apa arti keberhasilan saudara menjalankan visi Allah?

 

Pokok-Pokok Doa

Jadikanlah jawaban-jawaban dari diskusi berikut ini sebagai pokok-pokok doa komsel anda:

  • Diskusikan berbagai macam ancaman, tantangan pelayanan, baik eksternal, internal maupun pribadi pada masa kini? (Gereja, persekutuan, lembaga Kristen dan lain-lain)
  • Bagaimana kualitas pemimpin yang sanggup mengatasi tantangan masa kini? Jadikan jawaban-jawaban yang ada sebagai pokok doa komsel dalam pertemuan saat ini.
  • Ancaman atau masalah seperti apakah yang seringkali membuat anda kehilangan semangat menjadi pemimpin rohani! Buatlah solusinya!

 

Untuk studi lebih lanjut tentang materi ini dapat mengklik www.christianbook.com/nehemiah-learning-leadership-pdf/christianity-today-international/pd/1704DF