SUARA GEMBALA

        Memasuki tahun 2017 GKKA Denpasar menjalani tahapan-tahapan yang krusial dan kritikal di dalam proses perkembangan dan pertumbuhan gereja. Tahun ini GKKA Denpasar akan memasuki usia 25 tahun, dan di dalam sejarah dua puluh lima tahun ini dapat terlihat bagaimana Tuhan memimpin dan telah terjadi sebuah dinamika kehidupan bergereja yang perlu diseriusi dimensi-dimensi pertumbuhannya agar GKKA Denpasar bisa bertumbuh dan berkembang dengan maksimal bagi kemuliaan Tuhan.

       Setelah berjalan dua puluh lima tahun GKKA Denpasar bertumbuh dari sebuah jemaat homogen menjadi jemaat heterogen yang terdiri dari berbagai suku dan daerah. Keberagaman dan kepelbagai perbedaan dalam suku, budaya dan sudut pandang menjadi sebuah fenomena yang perlu disikapi dan dikelola dalam anugerah Tuhan dan kebijakan serta kasih. Sehingga perbedaan bukan memisahkan kita satu dengan yang lain, tapi membuat kita bisa menikmati keindahan dan keharmonisan dalam hidup persekutuan dan pelayanan kita bagi Tuhan dan sesama. Mari kita satukan hati kita dan menghargai keperbedaan kita.

       Isu lain yang perlu kita pikirkan dan persiapkan adalah dalam bidang keuangan. Rutinitas kebutuhan biaya kehidupan sehari-hari gereja, pembelian gedung dan perkembangan gereja, peningkatan sumber daya manusia membutuhkan penambahan-penambahan fasilitas dan pembiayaan yang besar. Mari kita doakan agar Tuhan memberkati kehidupan dan pekerjaan Jemaat Tuhan. Dan memberikan iman dan kesungguhan hati untuk memberikan persepuluhan, agar setiap jemaat boleh menikmati bagaimana Tuhan memberkati setiap orang yang dengan setia dan taat memberikan persembahan persepuluhan yang kata Tuhan, itu adalah milik Tuhan. Pertumbuhan iman seseorang dapat dilihat dari kerelaan dan keterbukaan hatinya untuk memberikan persembahan bagi Tuhan melalui persembahan untuk mendukung seluruh pelayanan dan perkembangan gereja Tuhan.

       Tahun ini akan ada pemilihan para diaken dan pengurus komisi. Kepemimpinan dan kepengurusan dalam tingkat komisi harus terus menerus terjadi regenerasi demi terciptanya sebuah siklus dan rotasi kepemimpinan yang dinamis dan kredibel. Mari kita doakan agar kehidupan spiritualitas para pemimpin dan ketrampilan pelayanan para aktifis semakin bertumbuh dan mendapatkan pembinaan-pembinaan yang baik. Untuk itu Majelis gereja memberikan banyak program-program pembinaan dan pembekalan dalam tahun ini. Mulai dari retreat Aktifis dan pembinaan-pembinaan yang dapat membekali kehidupan spiritual dan pemahaman iman yang bertumbuh dan memuliakan Tuhan.

       Mari kita doakan untuk pelunasan pembelian gedung. Kita berdoa agar jemaat memiliki beban untuk terus memberikan persembahan untuk pelunasan ini. Mari juga doakan untuk hamba-hamba Tuhan agar diberikan visi dan kesungguhan hati di dalam melayani Tuhan. Juga doakan agar para diaken terus dipelihara hatinya dan terus mengalami pertumbuhan dan penyertaan dalam kehidupan keluarga dan pekerjaan. Kita juga doakan untuk seluruh jemaat GKKA Denpasar agar terus bertumbuh. Kita doakan semua bagi kemuliaan nama Tuhan.

Soli Deo Gloria. Tuhan memberkati.

Pdt. Adrianus Harjanto S. Th.